1

Di tahun 2014, Direktorat Pendidikan Agama Islam akan terus memantapkan program kegiatan dalam rangkan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada sekolah. Diantara program yang akan diperkuat adalah terkait dengan pemerataan guru pendidikan agama Islam pada sekolah.

"Seluruh sekolah yang ada siswa muslimnya wajid ada guru agama Islam karena ini adalah amanat undang-undang". Tegas Direktur Pendidikan Agama Islam, Dr. Amin Haedari, M.Pd dalam Rapat Koordinasi perdana dengan para Kabid Pais, Pakis dan Pendis se-Indoneasi (26/2).


Direktur PAI menambahkan, bukan hanya di sekolah negeri, juga di sekolah swasta bahwa setiap siswa berhak mendapatkan pelajaran agama sesuai dengan agamanya. Sambungnya
Terkait dengan itu, dalam rangka pemerataan guru pendidikan agama Islam pada sekolah Amin Haedari mengharapkan kepada para peserta Rakor untuk mendata sekolah-sekolah yang ada siswa muslim namun belum ada guru agama Islamnya. Dengan begitu akan terpetakan dengan jelas sekolah-sekolah yang belum ada guru agama Islamnya. Demikian katanya lagi.

Ia juga memaparkan, bahwa terkait dengan persoalan belum adanya guru agama Islam pada beberapa sekolah, kedepan pelaksanaan sertifikasi akan mengalami perubah yang awalnya guru pada mapel fiqih, akhlak disertifikasi sesuai spesipikasinya bisa mendapatkan sertifikat dengan spesifikasi guru pendidikan agama Islam. Dengan begitu jumlah guru madrasah yang banyak dan kesulitan untuk memenuhi jam mengajar dapat mengisi pendidikan Agama Islam di sekolah umum. Tandasnya
Sementara itu, ketua panitian pelaksana Dr. Nanang Fatchurochman, M.Pd yang juga menjabat sebagai Kasubag TU Direktorat Pendidikan Agama Islam melaporlan bahwa pelaksanaan Rakor di Bogor tersebut merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Ia mengatakan bahwa kegiatan Rakor tersebut membahas program-program kegiatan 2014 yang diluncurkan Direktorat Pendidikan Agama Islam. Diharapkan akan lahir persamaan persepsi tentang upaya peningkatan mutu pendidikan agama Islam di sekolah. "tujuan kegiatan adalah untuk mensinerginakan program dan kebijakan pendidikan agama Islam antara kementerian Agama pusat dan daerah".

Kasubag TU tersebut juga berharap agar acara dapat berjalan dengan biak dan membangkitkan semangat baru untuk pendidikan agama Islam. Demikian harapnya.

Acara yang juga dihadiri para Kasubdit dilingkungan Direktorat Pendidikan Agama Islam dilaksanakan selama tiga hari, 26-28 Februari 2014 yang bertempat di Hotel Horison Bogor Jawa Barat.


Sumber: Dirjen Pendis

Posting Komentar

  1. KAPAN ADA KEGIATAN NASIONAL,
    AGPAI KOTA PALANGKARAYA . SEKRETRIS MAHMUD

    BalasHapus

 
Top