0


Pengawas PAI mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Sebagai supervisor para pengawas diharapkan memiliki tingkatan pengetahuan yang lebih tinggi dari guru. Para pengawas juga diharapkan berperan aktif dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2013. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Dr. H. Amin Haedari, M.Pd saat membuka "Workshop Kurikulum PAI 2013 bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan" yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu di Magelang, Jawa Tengah. 


Hingga saat ini lebih dari 500 pengawas telah di bimtek untuk kurikulum 2013. Direktorat PAI akan terus sesuai dengan komitmennya akan melakukan bimtek terhadap lebih dari 1.200 pengawas yang berada di kabupaten/kota. Hal ini dilakukan agar para pengawas memiliki rasa optimis dan percaya diri untuk memberikan arahan dan bimbingan terhadap para guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ini, imbuhnya.

Para pengawas diharapkan memahami dengan baik dan menyeluruh konsep kurikulum 2013 antara lain, Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan lain sebagainya. Hal ini di tujukan agar peserta didik sebagai obyek kurikulum 2013 memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melakukan observasi, memiliki komunikasi aktif untuk bertanya dan mempresentasikan materi pelajaran yang diterima, terangnya.


Sumber: Dirjen Pendis

Posting Komentar

 
Top