0
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali membuka secara resmi Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) VI tahun 2013 Tingkat Nasional di Asrama Haji Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (25/11). Lomba yang memperebutkan piala bergilir Wakil Presiden RI diikuti para siswa yang berasal dari 33 provinsi se-Indonesia. 

Menteri Agama dalam sambutannya mengingatkan, suatu bangsa akan mencapai kemajuan dan kemakmuran apabila mampu melahirkan generasi yang cerdas, kreatif dan berakhlak mulia. Karena baik-buruknya bangsa di masa mendatang tergantung generasi muda hari ini. Namun melihat kondisi saat ini sebagaimana yang terungkap di media massa, menurut Menag, perilaku generasi muda masih memprihatinkan. 

“Masih sering dijumpai kenakalan remaja, tawuran, kekerasan di sekolah oleh senior kepada yuniornya, masalah narkoba, bahkan peredaran video porno dengan pelakunya anak-anak kita di sekolah,” ungkap Menag prihatin.

Menag mengimbau para guru agama Islam  dalam mendidik para siswa di sekolah makin meningkat. “Guru PAI harus bisa memposisikan diri sebagai benteng moral anak-anak kita,” tandas Menag, dirilis dari laman Kemenag.

Terkait kegiatan Pentas PAI, Menag mengatakan agar kegiatan  ini dijadikan sebagai ajang untuk memperdalam agama Islam, khususnya para pelajar di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

“Kegiatan ini positif untuk menumbuh-kembangkan minat pelajar dalam belajar agama Islam dan juga mempererat tali silaturahmi antar sesama sehingga tidak ada lagi perbedaan antar daerah”, ujar Menag kepada para peserta.

Menurut Menag, Pentas PAI merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang dikemas dalam berbagai bentuk ketrampilan dan seni yang sarat dengan nilai-nilai keislaman. Lebih jauh kegiatan ini diharapkan dapat mendorong anak kita untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama.

Menag menyatakan, Kementerian Agama akan terus berupaya memberikan pelayanan pendidikan semaksimal mungkin, khususnya pelayanan PAI baik melalui program intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dengan demikian diharapkan perkembangan intelektual dan emosional anak kita bisa tumbuh secara proposional.  

Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam mengatakan, Pentas PAI diselenggarakan di Asrama Haji Bekasi, 24 s.d. 28 November 2013 diikuti 693 siswa baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, diharapkan  dapat memperdalam agama Islam dan mengekspresikan bakat dan potensi serta membina Ukhuwah Islamiyah.

Beberapa cabang keterampilan dan seni yang akan dilombakan antara lain: Tilawat dan Tahfidhul Qur’an, Pidato/Ceramah PAI, Cerdas Cermat/Debat, Seni Kaligrafi, Kreasi Busana Muslimah, serta penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris).
 
 

Posting Komentar

 
Top